Search

7 Juni 2016

Jessica Jung Debut Solo Setelah Keluar dari Girls' Generation (SNSD)

Dunia K-pop menahan napas pada tahun 2014 karena Jessica Jung meninggalkan kelompok Girls' Generation, ini menandai keberangkatan pertama sejak supergrup yang dibentuk pada tahun 2007. Nada sopran Jessica berada di jantung dari banyak lagu-lagu hit kelompok dan setelah keberangkatan, dia mengambil waktu kembali ke musik dengan fokus pada aspek lain dari karirnya, seperti meluncurkan merek fashion. Sekarang, sedikit kurang dari 2 tahun sejak keberangkatannya, Jessica siap untuk kembali ke akar musiknya.



Dengan Cinta, J, album solo pertama Jessica, dirilis di Korea Selatan pada Selasa (17 Mei). Didedikasikan untuk penggemarnya, EP berisi enam lagu, banyak yang bintang muda co-menulis, termasuk single "Terbang" dan "Love Me The Same." Belum siap untuk berhenti di situ, California kelahiran Jessica juga merilis versi bahasa Inggris dari EP digital pada 27 Mei. 

Memanggil dari Seoul sehari sebelum rilis albumnya, Jessica berbicara kepada Billboard tentang fase selanjutnya dalam karir musiknya.

Q: Question
A: Answer

Q: Anda sekitar 24 jam dari rilis album solo pertama Anda, With Love, J. Bagaimana perasaanmu?
A: Saya sangat gembira. Maksudku, aku telah bekerja pada album ini selama hampir satu tahun sekarang. Saya merasa kupu-kupu di perut saya.

Q: Rasanya berbeda daripada ketika Anda memulai debutnya sebagai anggota Girls 'Generation di tahun 2007?
A: Ya tentu saja. Saat aku sedang menyusun album ini saya maksudkan, motivasi terbesar saya adalah fans saya. Mereka selalu begitu mendukung dan saya selalu ingin melakukan sesuatu untuk mereka. Jika bukan karena mereka aku tidak akan sampai sejauh ini jadi saya benar-benar ingin berterima kasih kepada mereka.

Q: Adalah bahwa apa judul adalah semua tentang, With Love, J?
A: Saya sudah menggunakannya sejak debut saya. Penyebab ketika saya menandatangani hal dari fans saya atau saya menulis surat kecil saya selalu menulis "dengan cinta, J" di akhir. Dan aku benar-benar ingin membuat hadiah dan hadiah untuk fans saya, jadi itu sebabnya nama album ini With Love, J.

Q: Bisakah Anda ceritakan sedikit tentang album ini? Apa yang akan kita dengar di atasnya?
A: Nah, ada banyak jenis genre dan saya merasa seperti setiap lagu memiliki kehidupan sendiri. Saya berpartisipasi banyak dalam menulis lagu ini dan itu benar-benar pertama kalinya saya berpartisipasi dalam menciptakan musik. Saya terinspirasi oleh pengalaman saya sendiri dalam hidup dan apa yang saya pelajari. Ada akan menjadi "Fly," judul lagu saya, dan lagu favorit lain yang saya juga membuat sebuah video musik untuk adalah "Love Me The Same." Ini adalah R & B menengah tempo lagu. "Terbang" adalah lagu pop dance.

Q: Bagaimana rasanya berkolaborasi dengan musisi Amerika?
A: Saya bekerja dengan Fabolous dan juga Kmack [Kerriem Mack]. Saya bekerja dengan mereka di New York - [mereka] yang sangat berbakat dan Kmack adalah visioner. Pada awalnya saya agak takut karena saya tidak pernah benar-benar bekerja dengan banyak produsen AS atau seniman AS. Biasanya di masa lalu saya hanya berjalan di, menyanyikan bagian saya dan kiri. Tapi Kmack mulai mengajukan pertanyaan dan itu semua tentang arah kreatif. Aku benar-benar terkejut bahwa aku bisa memiliki masukan dan saya bisa membuat lagu dengan cara saya benar-benar ingin keluar.

Q: Jadi sebagai solois, Anda memiliki lebih banyak katakanlah kreatif dalam proses dari yang Anda lakukan sebelumnya? Anda menulis beberapa lagu.
A: Aku mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di studio untuk album yang satu ini daripada yang saya miliki di semua tahun saya sebelumnya digabungkan. Saya menulis lagu, kau tahu? Saya terinspirasi oleh pengalaman hidup saya. Saya benar-benar belajar bahwa Anda tidak harus menyerah dan jika Anda mencintai sesuatu, butuh keberanian dan benar-benar pergi setelah itu. Saya ingin memberitahu orang-orang bahwa harapan benar-benar kuat. Aku ingin album ini memiliki makna harapan di dalamnya.

Q: Jadi yaitu berharap tema yang menyeluruh di seluruh album?
A: Ini seluruh album tapi misalnya, "Fly" memiliki arti harapan di dalam lagu tersebut. Satu lagi yang saya tulis, "Golden Sky," adalah tentang penggemar saya dan sekitar penghargaan saya untuk mereka.

Q: Apa yang mengilhami Anda saat bekerja di album ini?
A: Aku hanya ingin mengekspresikan diri jadi aku melihat ke dalam apa yang dapat saya lakukan yang terbaik dan apa yang saya bisa menunjukkan orang terbaik. Menjadi sangat alami. Saya tidak ingin berlebihan apa pun. Saya hanya mencoba untuk mengekspresikan diri.

Q: Apakah Anda pikir ada kejutan di album pada album untuk fans?
A: Saya pikir album itu sendiri akan menjadi kejutan bagi mereka karena saya tidak pernah berpartisipasi dalam menulis setiap musik sebelumnya. Bahkan di sampul jaket album, saya pribadi tangan menulis semuanya. Semua lirik dan semua kredit juga. Aku ingin menjadi lebih pribadi. Kedengarannya sangat intim, seperti buku harian audio. Ya, aku ingin pergi dengan nuansa itu.

Q: Anda akan mengatakan ini adalah salah satu hal yang paling sulit yang telah Anda lakukan karena Anda memulai debutnya di tahun 2007?
A: Saya pikir butuh keberanian. fans saya dan perusahaan saya, mereka semua memberi saya banyak keberanian dan membantu saya sepanjang.

Q: Ini akan menjadi pertama kalinya bahwa kita melihat Anda di atas panggung sendiri. Bagaimana hal itu membuat Anda merasa?
A: Aku tidak pernah benar-benar berpikir tentang hal ini sebelumnya. Rasanya agak lucu. Saya tidak tahu. Saya merasa benar-benar bahagia sekarang, jadi nyaman dan percaya diri. Senang saat ini. Aku tidak bisa menunggu.

Q: Anda meluncurkan merek Anda, Blanc & eClare, pada 2014. Bagaimana cara Anda dipengaruhi musik baru Anda?
A: Untuk Blanc & eClare, kami pergi dengan moto "klasik modern" dan semacam itu berasal dari saya karena saya tidak suka berlebihan hal dan saya mencoba untuk menjadi sealami mungkin. Untuk album ini juga, saya ingin menunjukkan sisi alami dari saya, tidak semua dibuat. Saya ingin orang-orang untuk mengenal saya lebih baik.

Q: Apakah Anda pernah berpikir Anda akan hanya menempel mode dan meninggalkan musik di belakang?
A: Tidak tidak tidak tidak! Aku tidak pernah memikirkan itu sebelumnya. Saya pikir banyak orang berpikir seperti itu dan ada banyak bicara. Tapi tidak. Aku tidak pernah ingin tetap hanya untuk Blanc & eClare. Musik adalah gairah saya dan saya mulai keluar sebagai penyanyi. Itu hanya alami bagi saya untuk terus mengejar karir musik saya. Ini hanya awal.

Q: Bagaimana teman-teman Anda dan keluarga merasa tentang awal baru Anda?
A: Mereka begitu bersemangat. Adikku [Krystal f (x)] super bersemangat. Dia telah membantu banyak, bahkan memilih gambar untuk album saya dan dia datang ke saya syuting video musik. Dia hanya begitu mendukung sehingga saya benar-benar ingin berterima kasih kepadanya.

Q: Sudah hampir sepuluh tahun sejak Anda memulai debutnya sebagai anggota Girls 'Generation. Bagaimana perasaan Anda tentang masa lalu Anda, sekarang dan masa depan?
A: Saya akan selalu menghargai waktu saya sebagai anggota Girls 'Generation. Saya belum melihat mereka dalam beberapa tahun tapi aku benar-benar berharap mereka yang terbaik. Untuk masa depan, maksudku, aku hanya ingin terus mengejar karir musik saya dan terus tumbuh. Saya juga berpikir bahwa K-pop telah melampaui melampaui Korea jadi salah satu dari aspirasi masa depan saya adalah untuk dapat mengambil apa yang telah saya pelajari ke tingkat berikutnya. Dan juga album bahasa Inggris saya yang keluar pada 27 Mei, jadi saya berharap ini bisa menjadi awal dari karir global di samping terus K-pop.

Q: Anda salah satu dari sedikit penyanyi Asia-Amerika di luar sana benar-benar membuat nama untuk dirinya sendiri. Bagaimana rasanya mengetahui bahwa tidak ada banyak model peran Asia dalam musik Amerika arus utama, sekarang bahwa Anda merilis album bahasa Inggris?
A: Saya akan merasa terhormat untuk menjadi teladan bagi Asia-Amerika untuk memulai karir mereka di Amerika atau di seluruh dunia.

Q: Tiffany dari Girls 'Generation merilis album pekan lalu. Bagaimana perasaanmu? Apakah ada rasa persaingan?
A: Sebenarnya, bahan bakar kompetisi inovasi dan hanya membuat saya bekerja lebih keras. Jadi saya mengundang kompetisi. Dalam kompetisi, kadang-kadang Anda kalah dan kadang-kadang Anda menang. Dan jika Anda kalah, Anda belajar dari kesalahan Anda dan berusaha lebih keras. Tetapi ketika Anda menang, Anda hanya tidak pernah berpuas Anda. Saya berharap dia yang terbaik.

Q: Apa yang telah menjadi bagian tersulit dari karir Anda sejak meninggalkan AS sampai sekarang?
A: Saya pikir untuk semua orang, itu mencoba untuk memahami orang lain dan berusaha untuk ... Hmm, bagaimana saya harus mengatakan itu? Cobalah untuk menempatkan diri ke bawah dan menghormati pendapat orang lain dan ... saya pikir itu adalah bagian yang sulit karena di Amerika biasanya banyak ... Ini biasanya lebih untuk diri sendiri, bukan? Di Korea, biasanya seperti Anda harus memikirkan orang lain terlebih dahulu. Apa yang orang pikirkan tentang Anda. Bagaimana orang lain mungkin merasa karena perilaku Anda. Ada proses belajar di sana.

Q: Anda meninggalkan Amerika ketika Anda masih sangat muda untuk mengejar karir di Korea. Bagaimana awal yang baru ini sebagai solois dibandingkan dengan saat pertama kali mulai menuruni jalan menjadi bintang K-pop?
A: Aku hanya sangat bersemangat. Ini adalah proyek baru bagi saya tapi saya selalu pergi dengan aliran dan saya mencoba untuk mengejar impian saya saat ini. Jadi, maksud saya, saya merasa senang. Saya merasa hebat. Aku benar-benar bersemangat.

Q: Bagaimana Anda ingin orang merasa ketika mereka mendengarkan With Love, J untuk pertama kalinya?
A: Aku ingin album ini membuat orang merasa bahagia dan saya ingin album ini menjadi album yang hidup. Saya ingin mereka memiliki harapan karena setiap orang memiliki kesulitan mereka dalam kehidupan. Jika mereka memiliki harapan, saya pikir apa pun bisa terjadi. Itulah yang terjadi pada saya. Saya merasa seperti sekarang adalah waktu ketika saya mekar dan saya ingin mereka tahu bahwa aku ada untuk mereka. Itu sebabnya saya membuat album. Saya akan terus membuat musik yang bagus dan menciptakan album besar.

Q: Apa yang berikutnya untuk Anda?
A: Aku sudah sibuk mengerjakan album ini dan emceeing untuk [acara televisi Korea] Beauty Alkitab. Aku sudah banyak proyek yang berbeda di seluruh Asia. Aku punya film yang keluar di Cina pada bulan Agustus. Dan aku juga syuting film [My Home Lain] dengan Stephon Marbury sekarang, bintang NBA. Saya mengalami banyak bersenang-senang melakukan hal itu juga. Aku melakukan banyak hal sekaligus. Saya mengalami banyak menyenangkan, semuanya begitu menarik.

Lihat juga wawancara yang asli (dalam Bahasa Inggris)

Jessica Jung on Recording Solo After Girls' Generation: 'I Was Really Surprised I Could Have Input'

The K-pop world held its breath in 2014 as then-Girls’ Generation member Jessica Jung left the group, marking the first departure since the supergroup was formed in 2007. Jessica’s soprano tone was at the heart of many of the group’s hit songs, and after her departure, she took her time getting back to music, focusing on other aspects of her career, such as launching a fashion brand. Now, a little less than two years since her departure, Jessica is ready to return to her musical roots.

With Love, J, Jessica’s first solo album, was released in South Korea on Tuesday (May 17). Dedicated to her fans, the EP contains six songs, many of which the starlet co-wrote, including singles “Fly” and “Love Me The Same.” Not ready to stop there, California-born Jessica is also releasing an English version of the EP digitally on May 27.

Calling in from Seoul a day before the release of her album, Jessica spoke to Billboard about the next phase in her career.

You’re about 24 hours from the release of your first solo album, With Love, J. How are you feeling?
I am super excited. I mean, I’ve been working on this album for almost a year now. I feel butterflies in my tummy.

Does it feel different than when you debuted as a member of Girls’ Generation in 2007?
Yeah, of course. As I was putting together this album I mean, my biggest motivation was my fans. They were always so supportive and I always wanted to do something for them. If it weren’t for them I wouldn’t have made it this far so I really want to thank them.

Is that what the title is all about, With Love, J?
I’ve used it ever since my debut. Cause when I signed things from my fans or I write a little letter I always write “with love, J” at the end. And I really wanted to make this a present and a gift to my fans, so that’s why the name of this album is With Love, J.

Can you tell us a little about this album? What are we going to hear on it?
Well, there’s a lot of different types of genres and I feel like each song has a life of its own. I participated a lot in writing these songs and it was actually the first time I participated in creating music. I was inspired by my own experiences in life and what I’ve learned. There’s going to be “Fly,” my title song, and another favorite song that I also made a music video for is “Love Me The Same.” It’s an R&B medium tempo song. “Fly” is a pop dance song.

What was it like collaborating with American musicians?
I worked with Fabolous and also Kmack [Kerriem Mack]. I worked with them in New York -- [they’re] extremely talented and Kmack is a visionary. At first I was kind of scared because I never really worked with a lot of U.S. producers or U.S. artists. Usually in the past I just walked in, sang my parts and left. But Kmack started asking me questions and it was all about creative direction. I was really surprised that I could have input and I can make the song the way I actually want it to come out.

So as a soloist, you had much more creative say in the process than you did previously? You wrote quite a few songs.
I probably spent more time in the studio for this one album than I have in all of my previous years combined. I wrote the songs, you know? I was being inspired by my life experiences. I actually learned that you should never give up and if you love something, take courage and absolutely go after it. I wanted to tell people that hope is really powerful. I wanted this album to have a meaning of hope in it.

So is hope the overarching theme throughout the album?
It’s throughout the album but for example, “Fly” has the meaning of hope inside the song. Another one that I wrote, “Golden Sky,” is about my fans and about my appreciation for them.

What inspired you while working on the album?
I just wanted to express myself so I looked into what I can do best and what I can show people best. To be very natural. I didn’t want to overdo anything. I just tried to express myself.

Do you think there are any surprises on the album on the album for fans?
I think the album itself will be a surprise for them because I’ve never participated in writing any of the music before. Even on the album jacket cover, I personally hand wrote everything. All the lyrics and all the credits as well. I wanted it to be more personal.

It sounds very intimate, like an audio diary.
Yeah, I did want to go with that feel.

Would you say this is one of the hardest things you’ve done since you debuted in 2007?
I think it took courage. My fans and my company, they all gave me a lot of courage and helped me throughout.

This is going to be the first time that we’re seeing you on stage by yourself. How does that make you feel?
I’ve never really thought about this before. It feels kind of funny. I don’t know. I feel really happy right now, so comfortable and confident. Happy at the moment. I can’t wait.

You launched your brand, Blanc & Eclare, in 2014. How has your fashion influenced your new music?
For Blanc & Eclare, we go by the motto “modern classic” and that kind of comes from me because I don’t like to overdo things and I try to be as natural as possible. For this album as well, I wanted to show the natural side of me, not all made up. I wanted people to get to know me better.

Did you ever think you’d just stick to fashion and leave music behind?
No, no, no, no! I’ve never thought of that before. I think a lot of people think that way and there’s a lot of talk. But no. I’ve never wanted to stick only to Blanc & Eclare. Music was my passion and I started out as a singer. It’s just natural to me to keep pursuing my music career. It’s just the start.

How do your friends and family feel about your new start?
They’re so excited. My sister [Krystal of f(x)] is super excited. She’s been helping out a lot, even selecting pictures for my album and she came to my music video shoot. She’s just so supportive so I really wanna thank her.

It’s been almost ten years since you debuted as a member of Girls’ Generation. How do you feel about your past, present and future?
I’ll always cherish my time as a member of Girls’ Generation. I haven’t seen them in several years but I really wish them the best. For the future, I mean, I just want to continue pursuing my music career and continue growing. I also think that K-pop has transcended beyond Korea so one of my future aspirations is to be able to take what I’ve learned to the next level. And also my English album is coming out on May 27, so I hope this can be the beginning of a global career in addition to continuing K-pop.

You’re one of the few Asian-American singers out there really making a name for herself. How does it feel knowing that there are not a lot of Asian role models in mainstream American music, now that you’re releasing an English language album?
I would be honored to be a role model for Asian-Americans to start their career in the States or worldwide.

Tiffany from Girls’ Generation released her album last week. How do you feel? Is there any sense of competition?
Actually, competition fuels innovation and it only makes me work harder. So I invite competition. In competitions, sometimes you lose and sometimes you win. And if you lose, you learn from your mistakes and try harder. But when you win, you just never rest on your laurels. I wish her the best.

What has been the hardest part of your career since leaving the U.S. until now?
I think for everybody, it’s trying to understand the other person and trying to… Hmm, how should I say it? Try to put yourself down and respect another person’s opinion and… I think that was the hard part because in America it’s usually a lot… It’s usually more for yourself, isn’t it? In Korea, it’s usually like you have to think of others first. What people think of you. How others might feel because of your behavior. There was a learning process there.

You left America when you were very young to pursue a career in Korea. How does this new beginning as a soloist compare to when you first started down the path of becoming a K-pop star?
I’m just very excited. It is a new project for me but I always go with the flow and I try to pursue my current dreams. So, I mean, I feel happy. I feel great. I’m totally excited.

How do you want people to feel when they listen to With Love, J for the first time?
I wanted this album to make people feel happy and I wanted this album to be a lively album. I want them to have hope because everybody has their hardships in life. If they have hope, I think anything can happen. That’s what happened to me. I feel like right now is a time when I’m blossoming and I want them to know that I’m there for them. That’s why I made the album. I’ll keep on making good music and creating great albums.

What’s next for you?
I’ve been busy working on this album and emceeing for [Korean television show] Beauty Bible. I’ve had a lot of different projects throughout Asia. I have a movie coming out in China in August. And I’m also shooting a movie [My Other Home] with Stephon Marbury right now, the NBA star. I’m having a lot of fun doing that as well. I’m doing a lot of things at once. I’m having a lot of fun, everything is so exciting.