Search

31 Maret 2017

Teks Prosedur 'Cara Kerja Bola Melayang' di PP Iptek



Teks Prosedur
Judul           : Cara Kerja Bola Melayang

No
Struktur Teks
Kalimat dalam teks
1.
Tujuan

  Bola Melayang adalah salah satu alat peraga yang terdapat di PP Iptek. Bola ini dapat melayang di udara tanpa disentuh tangan manusia karena tekanan udara akan berkurang, apabila kecepatannya bertambah. Tekanan aliran udara dalam lebih rendah daripada udara luar, sehingga bola dapat melayang.
   Saat bola menempel pada kumparan, sensor memberitahu sistem peralatan elektronik mengoreksi gaya magnetnya sehingga bola sedikit jatuh. Jika bola jatuh terlalu jauh sensor akan memberitahu untuk memperbesar gaya magnet.
   Alat yang diperlukan dalam percobaan ini adalah sebuah bola dan bowler. Bowler adalah tabung yang berfungsi memberi tekanan udara kepada bola untuk melayang di udara.
2.
Langkah - langkah
Cara kerja bola melayang sebagai berikut :
Pertama, tekan tombol ‘On’ !
Kedua, tempatkan bola di atas blower!
Ketiga, gerakkan blower ke kanan dan ke kiri!
Kini, kamu dapat menyaksikan bola melayang tanpa disentuh tangan manusia secara langsung.

Judul           : Langkah Kerja Mesin Giroskop
No
Struktur Teks
Kalimat dalam teks
1.
Tujuan
Gyron Xtreme merupakan sebuah mesin giroskop manusia. Giroskop adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, berdasarkan prinsip – prinsip momentum sudut.
Mesin Giroskop adalah salah satu alat peraga yang terdapat di PP Iptek. Alat ini merupakan alat yang dapat menunjukkan bagaimana helikopter dapat berbelok. Helikopter dapat berbelok karena adanya gaya putar lain yang bekerja pada benda yang berputar. Gaya ini disebut gaya giroskopi.
2.
Langkah - langkah
Langkah kerja mesin giroskop adalah :
Pertama, naik dan duduklah di atas sepeda!
Kedua, kayuhlah pedal seperti Anda mengayuh sepeda!
Percobaan ini menunjukkan adanya gaya putar lain pada benda berputar yang disebut efek Gyroskopi. Gaya itu menyebabkan landasan.